Hal-hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal-hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan

Dalam beribadah terutama Puasa Ramadhan ada syarat, rukun dan hal yang diharamkan dalam melaksanakannya. Bila kita melanggar atau tidak memenuhi hal tersebut di atas, puasa kita bisa batal. Atau pun kalau tidak sampai batal puasa, setidaknya pahala nya yang batal atau hilang. Dengan kata lain kita hanya akan mendapatkan haus dan lapar saja dalam Puasa Ramadhan.

Hal-hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan ini berlaku untuk semua ibadah puasa yang lain, baik Puasa senin-kamis maupun puasa-puasa yang lain. Bila puasa batal, maka tentu kita wajib mengqodlo atau membayarnya, ini berlaku bagi puasa yang hukumnya wajib. Sedang bagi puasa sunnah, tentu kita tidak berkewajiban untuk mengqodlonya, hanya saja kita tidak dapat pahala puasa sunnahnya.

Hal-hal yang dapat membatalkan Puasa Ramadhan ini tentu memiliki dasar hukum yang jelas dan qot’hi, hanya saja berhubung blog www.anggaindriya.net ini bukan hanya membahas religi saja, maka untuk dalil-dalinya silahkan Anda cari baik di buku, internet, majalah dll atau pun tanya pada Kyai atau Ulama.

Berikut ini akan saya tampilkan Hal-hal Dasar yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan:

  1. Makan dan minum dengan sengaja. Jika lupa kita makan or minum, padahal kita puasa, ini berarti rizqi dari Allah, lanjutkan ibadh puasa. Puasa tidak batal. Bisa dibilang beruntung. Saya juga pernah lupa, dan pada saat itu memang saya pas tidak sahur. Alhamdulillah ya Allah…
  2. Muntah dengan sengaja. Alasan kedua membatalkan puasa ini juga sama dengan poin satu, kalau kitatidak disengaja atau dibuat-buat ya.. tidak batal. Lanjutin ibadah puasa…
  3. Haidh dan nifas. Bagi seorang wanita, kedatangan haidh adalah hal rutin. Begitu juga nifas, setelah seorang perempuan melahirkan. Dipastikan, bagi seorang perempuan dalam menjalani ibadah puasa romadhon tidak dapat full.
  4. Suntikan yang mengandung makanan. Nah, jika alasan keempat yang membuat puasa batal ini adalah sub alasan dari point pertama. Jadi, initinya segala sesuatu yang menyebabkab kita makan dan minum dengan sengaja, batal lah puasa kita.
  5. Jima’ atau bersetubuh. Tapi jika alasan ini pastinya disengaja donk, masa kita jima’ dengan istri atau suami di siang bolong nggak disengaja. Hehe… Bahkan jika hal ini dilakukan, tidak hanya kita harus mengqodlo puasa, tapi juga membayar kafarat. Cukup berat lho! Termasuk juga Onani.

Nah itu tadi hal-hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan. Mudah-mudahan kita semua dapat menghindarinya dan Puasa Ramadhan kita tahun ini dapat diterima oleh Allah SWT. Amiiinnn....

Apabila ada salah kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini, saya sebagai Admin blog minta maaf sebesar-besarnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

2 komentar

Write komentar
mba-yanti
AUTHOR
24 Juli 2013 18.27 delete

sangat bermanfaat nih pengetahuan nya ?? makasih ya

Reply
avatar
Angga Indriya
AUTHOR
25 Juli 2013 11.23 delete

Alhamdulillah kalau postingan saya bermanfaat untuk Anda...
Iya sama-sama, terimaksih jg udah mampir...

Reply
avatar

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar