Belajar Mengenal Apa Itu RDBMS

Belajar Mengenal Apa Itu RDBMS

Apa itu RDBMS (Relational Database Management System)

Alhamdulillah, perkuliahan sudah normal lagi dan semua kerjaan juga udah beres, untuk mengisi waktu yang kosong ini, sekarang kita lanjutkan untuk belajar database saja. Sebagai awalan, kita akan mengenal apa itu RDBMS. RDBMS (Relational Database Management System) merupakan database yang didalamnya dapat terdiri dari banyak table, dimana masing-masing table mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri dan antara masing-masing table tersebut dapat dihubungkan dengan relationships pada field primary key dan foreign key nya. Contoh database yang menganut pola RDBMS adalah Microsoft Access, SQL Server, MySQL, OpenOffice Base, dan Oracle.

Mengapa harus menggunakan RDBMS?

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan mengapa kita dianjurkan menggunakan database yang menganut pola RDBMS:

  1. Dapat membuat banyak table dalam satu database.
  2. Dapat dibuat primary key dan foreign key didalam tablenya.
  3. Dapat membuat suatu hubungan (relationships) antara masing-masing table.
  4. Dapat mencegah pengisian data yang berulang-ulang dan duplikat.
  5. Dapat melihat data dengan berbagai cara.
  6. Mudah untuk memanipulasi dan maintenance data.
  7. Mengurangi penggunaan kapasitas harddisk yang berlebihan.
  8. Lebih cepat dalam membangun system database kompleks.

Antara RDBMS dan Flat Database

Flat database, seperti Plain Text Database (database dengan text file sebagai media penyimpanannya, dimana masing-masing field dipisah dengan symbol text delimiter), MyDB Engine, Clipper, dan lain-lain terkadang lebih mudah untuk difahami dan dipelajari dalam hal pembuatan databasenya, namun menjaga data agar tidak duplikat lebih sulit daripada RDBMS, karena memerlukan banyak kode saat data hendak dimasukkan kedalam database, sehingga menggunakan flat database harus ekstra hati-hati dalam maintenance data didalam database.

Flat database ideal untuk memproses sejumlah data dengan ukuran yang kecil dan daftar sederhana, tetapi akan cukup rumit ketika Anda hendak mencoba ke pembuatan struktur database yang lebih kompleks. Bahkan bisa dikatakan suatu pekerjaan yang cukup menyita waktu, biaya dan fikiran jika hendak menyimpan data kompleks di dalam suatu flat database, karena memang kenyataannya waktu dan daya proses yang diperlukan akan jauh lebih lama dibandingkan pembuatan database kompleks dengan relational database.

Maka disini kita tentu sudah memahami, bahwa Microsoft Access merupakan salah satu software RDBMS. Microsoft Access merupakan software pembuat database yang cukup mudah digunakan, mengandung banyak fasilitas untuk berbagai keperluan dalam pembuatan suatu database.

Sampai disini dulu pengenalan kita tentang Apa Itu RDMS. Insya'allah pada kesempatan selanjutnya kita akan mempelajari atau belajar membuat database dengan Microsoft Access. Semoga artikel tentang Belajar Mengenal Apa Itu RDBMS ini dapat bermanfaat bagi Anda dan terimakasih telah membaca.

See you next times...


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

7 komentar

Write komentar
Angga Indriya
AUTHOR
6 Januari 2014 14.33 delete

Iya sob, semoga yang kecil bisa menjadi besar...Amin...
Terimakasih usudah berkunjung..

Reply
avatar
Arif Shidqi
AUTHOR
28 Agustus 2015 08.54 delete

makasih infonya sob

Reply
avatar
Angga Indriya
AUTHOR
6 September 2015 22.47 delete

Iya Alhamdulillah kalau bermanfaat.

Reply
avatar

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar