5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2018

Peluang Usaha Sampingan - Pada artikel bisnis kali ini, saya akan membahas tentang ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan dengan modal kecil. Semoga uraian yang saya paparkan nanti bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang cocok bagi anda.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

Seenak-enaknya menjadi karyawan dari suatu perusahaan tentunya lebih enak jika anda memiliki usaha sendiri. Karena sehebat apapun anda dalam suatu perusahaan, perusahaan tersebut tetap bukanlah milik anda sendiri, tapi milik pemilik usaha atau investor yang tentu saja itu adalah orang lain. Sedangkan jika anda mulai merintis usaha sendiri, meskipun kecil, usaha tersebut adalah milik anda, yang bisa anda kembangkan sesuai kemauan anda, dan tentunya akan lebih semangat untuk mengembangkannya, karena usaha tersebut merupakan aset anda yang suatu saat bisa anda wariskan ke anak-cucu anda.

Tapi meskipun anda sangat bersemangat untuk mulai membangun suatu usaha, jangan terburu-buru untuk resign (mengundurkan diri) dari pekerjaan anda, perhatikan dana yang anda miliki untuk merintis suatu bisnis. Jika kiranya lebih dari cukup untuk modal dan biaya hidup dalam waktu sesuai dengan perhitungan paling lambat dari kesuksesan usaha anda, maka silahkan resign agar bisa lebih fokus dalam berbisnis.

Sedangkan jika dana yang anda miliki belum mencukupi untuk membangun usaha, maka akan lebih baik jika anda tetap bekerja pada perusahaan anda sekarang, dan menggunakan waktu sisa yang anda miliki untuk merintis usaha sampingan anda sesuai dengan kemampuan dana yang anda miliki saat ini. Dengan begitu, anda akan lebih aman dalam mengatasi problem-problem keuangan yang mungkin timbul saat usaha anda nanti sedang berjalan.

Jangan sampai karena ambisi anda untuk cepat sukses dalam berwirausaha menjadikan anda menanggung hutang yang sulit teratasi. Karena sebenarnya, bisnis yang dimulai dari modal utangan tidak lah sehat, kecuali jika anda punya keyakinan 99% bahwa bisnis anda akan sukses. Silahkan gunakan uang hutang untuk mengembangkan usaha sampingan anda, karena dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk mengukur kemampuan dalam membayar hutang dan profit yang anda hasilkan dari bisnis anda.

Karena seringkali orang memulai usaha dari modal hutang justru berakibat kesulitan dalam melunasinya. Biasanya karena ternyata keuntungan yang didapat dari usaha sampingan yang dijalankan tidaklah sesuai dengan bunga hutang yang harus dikeluarkan. Akhirnya, bukan usaha semakin berkembang, tapi justru hutang yang semakin besar melilit, berakibat hidup tidak tenang dan usaha menjadi amburadul.

Untuk menghindari hal tersebut, pilih ide bisnis sampingan modal kecil, sehingga akan lebih leluasa dalam mengelola keuangan. Anda tidak begitu khawatir ketika terjadi kegagalan. Dengan begitu akan lebih nyaman dalam membangun dan mengembangkan bisnis yang anda jalankan.

5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2018

Pada kesempatan kali ini akan saya sajikan 5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan dengan modal kecil yang bisa anda jadikan inspirasi sebelum memulai untuk terjun ke dalam dunia bisnis. Dengan menyediakan modal kurang lebih 10 juta rupiah anda sudah bisa menjalankan salah satu usaha berikut ini.

1. Membuka Usaha Jasa Cuci Motor

Usaha sampingan yang bisa anda tekuni selain sebagai seorang karyawan adalah membuka jasa cuci motor. Saat ini jumlah kendaraan bermotor di Indonesia semakin melimpah. Tambah tahun semakin bertambah. Ini adalah suatu peluang​ yang harus dimanfaatkan dengan baik. Jika di area anda terdapat banyak orang yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya, jangan ragu untuk membuka bisnis cucian motor. Prospeknya sangat menarik.

Untuk membuka usaha sampingan yang menghasilkan keuntungan besar ini anda tidak butuh modal terlalu banyak. Lebih irit daripada membuka jasa cucian mobil. Karena peralatan yang dibutuhkan lebih sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah:
  • pompa air
  • kompresor
  • shampo motor
  • kain lap
  • semir ban sepeda motor
  • serta peralatan-peralatan kecil lainnya sebagai pelengkap usaha ini.

Adapun modal yang anda butuhkan untuk memulainya pun tidak banyak. Hanya dengan modal Rp.2 Juta sudah bisa memulainya. Tentunya modal tersebut untuk ukuran usaha cuci motor yang sangat sederhana. Jika anda ingin membangun bisnis cuci motor yang lebih premium, dibutuhkan sekitar Rp.9 Juta untuk memulainya. Perhitungan sederhananya seperti berikut:
  • Rp.4 Juta untuk membeli peralatan cuci motor
  • Rp.2 Juta untuk membayar sewa tempat
  • Rp.3 Juta untuk biaya operasional sekaligus gaji pegawai (karena anda sebagai karyawan tentunya kesulitan untuk mengerjakannya sendiri)

Biaya ini akan lebih kecil jika anda mampu memilih tempat dan alat yang lebih murah, juga apabila gaji UMR pegawai di tempat anda ternyata cukup murah. Kualitas peralatan yang anda beli akan sangat tergantung pada harganya. Semakin bagus kualitasnya maka akan semakin tinggi juga harganya. Namun sebagai langkah awal, saya sarankan anda untuk membeli peralatan yang murah saja agar lebih menghemat dana. Seiring dengan perkembangan usaha, maka anda bisa mengupgrade peralatan yang anda miliki dikemudian hari.

2. Usaha Jualan Pulsa Elektrik dan Paket Data

Dengan semakin banyaknya pengguna telepon selular atau smartphone saat ini, dimana hampir setiap orang sudah memilikinya, membuka bisnis pulsa elektrik adalah ide bisnis yang menguntungkan dan sangat patut dipertimbangkan. Meskipun sudah banyak orang yang membuka usaha jualan pulsa elektrik tapi anda tidak perlu khawatir, karena bisnis ini sudah mirip bisnis sembako, dimana setiap orang membutuhkannya. Jadi kemungkinan suksesnya masih cukup lebar. Sudah ada contoh, dimana terdapat orang yang berbisnis pulsa dan berhasil mendapat omset hingga triliunan rupiah setahun.

Untuk memulai usaha jualan pulsa, mungkin berjualan pulsa elektrik adalah langkah awal yang tepat bagi anda, dimana anda tidak memerlukan kartu sehingga anda pun tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat. Anda hanya bisa langsung berjualan melalui telepon genggam yang anda miliki, sehingga anda tidak perlu kerepotan dalam masalah tempat dan lain-lain.

Jika anda ingin memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang harus anda keluarkan pun tidak perlu terlalu banyak. Dengan mengeluarkan modal sekitar Rp.1 Juta hingga Rp.3 Juta, anda sudah bisa memulai bisnis ini. Sedangkan untuk pangsa pasarnya pun sangat kondisional menyesuaikan aktivitas anda yang lainnya. Pulsa elektrik tersebut bisa anda tawarkan ke teman kerja maupun tetangga-tetangga anda, dan orang-orang lainnya yang sering berinteraksi dengan anda.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

3. Usaha Jualan Sarapan (Makanan Pagi)

Di pagi hari, biasanya banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan, terutama bagi karyawan yang harus datang pagi dan tepat waktu. Ini merupakan peluang usaha sampingan yang bisa kita manfaatkan. Usaha makanan ini merupakan bisnis yang menjanjikan.

Salah satu kemudahan dalam usaha jualan makanan ini adalah anda tidak perlu menyewa tempat untuk memulai usaha anda. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda sebagai tempat untuk menjual makanan. Buat menu sarapan yang cocok untuk dimakan di pagi hari seperti nasi uduk, gorengan, bubur ayam, dan lain-lain. Untuk masuk ke bisnis ini memang anda harus terbiasa bangun pagi, agar masakan anda siap saat masuk jam sarapan.

Keuntungan lain saat memulai bisnis jualanan makanan ini adalah tidak butuh banyak modal. Cukup dengan Rp. 4 Juta per bulannya, anda sudah bisa langsung memulainya. Bahkan jika modal anda lebih sedikit, hanya hitungan Ratusan Ribu Rupiah pun, anda sudah bisa cepat menjalankannya. Sebagian besar uang modal tersebut diperlukan untuk membeli bahan baku makanan, di antaranya beras, telur, daging, sayuran, tahu dan tempe. Juga untuk membeli bahan bakar dan biaya transportasi.

Bagaimana tidak tertarik? Dengan bermodalkan Rp.4 Juta per bulan, anda memiliki peluang untuk mengeruk laba bersih sebanyak Rp.2 Juta per bulan. Luar biasa bukan. Suatu pekerjaan yang kesannya simple tapi mampu menghasilkan keuntungan besar.

4. Bisnis Online Membuat Blog

Usaha lain yang bisa coba anda tekuni adalah membuat blog. Usaha ini dikategorikan sebagai bisnis online. Sudah banyak orang yang menghasilkan pundi-pundi dollar dari bisnis ini. Bahkan ada yang orang Indonesia yang telah mampu menghasilkan Rp.1 Milyar per bulan dari usaha online ini.

Jika anda mempunyai skill dan hobby dalam hal tulis-menulis, bisnis ini sangat cocok bagi anda. Apalagi jika anda mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, kemungkinan anda sukses dalam mengeruk banyak uang semakin besar.

Usaha ngeblog bisa anda awali sebagai bisnis sampingan, jika anda sudah yakin bisa hidup dengan perantaraan ngeblog, anda bisa tinggalkan pekerjaan anda dan fokus di dunia blogging. Menjadikan ngeblog sebagai sumber penghasilan utama.

Hal paling penting di saat awal memulai ngeblog adalah kesabaran. Konsisten terus menulis artikel berkualitas meskipun blog anda belum banyak mendapat kunjungan dan penghasilan. Jika anda konsisten menulis, dalam waktu sekitar 6 – 8 bulan, kemungkinan sudah bisa mulai memetik hasilnya. Kunci bagi blogger pemula yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog adalah kesabaran.

Konsisten menulis artikel berkualitas dan menghilangkan kejenuhan dalam menulis. Tulis, tulis, dan terus tulis. Usahakan fokus dalam satu bidang pembahasan (niche) supaya blog anda lebih cepat mempunyai banyak pengunjung.

Supaya anda tidak jenuh dalam menulis dan mampu menghasilkan tulisan yang berbobot, maka tulis pembahasan tentang​ hal yang anda kuasai dan menjadi hobi anda. Dengan begitu, kemungkinan artikel anda akan banyak dibaca orang menjadi semakin besar. Makin banyak pembaca blog anda, semakin banyak pula penghasilan yang bisa anda dapatkan.

Sedangkan modal untuk ngeblog sendiri tidaklah besar, bahkan ada yang tanpa modal sama sekali. Jika anda sama sekali tidak punya uang, anda bisa mendaftar di website yang menyediakan subdomain gratis seperti Blogspot. Sedangkan untuk internetnya, anda bisa nebeng di tempat-tempat yang menyediakan wi-fi.

Tapi akan lebih bagus, jika anda ingin memulai bisnis blog secara serius, maka kami sarankan untuk membeli domain dan menyewa hosting. Banyak penyedianya dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan modal Rp.500 Ribu per tahun pun anda sudah bisa memiliki blog premium alias bukan gratisan.

Untuk membuat blog atau websitenya, anda bisa cari di pencarian Google, sudah sangat banyak tutorialnya yang bisa diikuti secara mudah. Kalau anda tidak mau repot, anda bisa menyewa jasa pembuatan blog yang banyak bertebaran di forum-forum online. Tapi untuk menjadi seorang blogger, kami sarankan anda untuk juga memahami cara-cara membuat dan merawat blog, supaya anda bisa lebih mudah mengembangkan dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Mungkin anda bertanya-tanya darimana bisa menghasilkan uangnya. Anda tidak perlu khawatir, jika anda sudah sukses mengembangkan blog anda, terdapat banyak perusahaan periklanan yang bisa anda ajak kerjasama, di antaranya Google, dan lain-lain. Anda bisa juga memasang iklan mandiri, dengan menawarkan suatu perusahaan untuk beriklan di blog anda. Tentunya menawarkan ke perusahaan yang produknya sesuai dengan pembahasan yang ada dalam blog anda.

5. Bisnis Toko Online

Usaha sampingan lain yang bisa anda coba sambil tetap menjadi karyawan adalah berjualan secara online dengan membuat toko online. Di mana di toko online tersebut anda bisa menjual berbagai produk sesuai dengan yang anda kehendaki.

Perlu anda ketahui, bahwa saat ini masyarakat sudah sangat melek internet, hal ini memicu budaya belanja online. Peluang ini bisa anda manfaatkan dengan coba berjualan secara online. Sambil tetap menjadi karyawan, anda bisa mencoba bisnis ini. Setelah anda yakin bisnis online ini bisa anda andalkan sebagai sumber penghidupan, silahkan resign dari pekerjaan anda agar bisa lebih fokus mengembangkan toko online anda agar semakin cepat membesar.

Prosesnya mirip seperti membuat blog. Anda hanya perlu membuat web dan kemudian mengisinya dengan gambar serta keterangan dan harga produk yang ingin anda jual. Jika anda berkeberatan dengan modal pembuatan websitenya, anda bisa juga berjualan di pasar online (marketplace) seperti Bukalapak dan Tokopedia, maupun di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan website.

Di toko online ini anda bisa menjual berbagai produk maupun jasa. Mulai dari pakaian, barang elektronik, kerajinan tangan, pulsa dan lain sebagainya, semuanya bisa anda jual secara online.

Modal yang dibutuhkan dalam membangun toko online pun sangat bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Jika anda ingin membuat toko online dengan menggunakan media website maka dana yang dibutuhkan mirip seperti membuat blog. Cukup dengan Rp.500 Ribu, anda sudah bisa memiliki website toko online. Sedangkan jika anda ingin lebih irit dalan pembuatan medianya, anda bisa manfaatkan blog gratisan, media sosial ataupun marketplace.

Namun, apabila anda ingin serius berjualan online, akan lebih baik jika semua piranti yang ada, anda manfaatkan. Mulai dari media sosial, marketplace, serta membuat website toko online. Untuk website, tampilannya akan lebih baik jika berbeda dengan website informasi sebagaimana umumnya dengan menggunakan theme khusus toko online, ada yang berbayar dan adapula yang gratisan.

Setelah paham cara membuat toko online, mungkin anda kebingungan untuk mencari barang yang dijual. Tidak perlu bingung! Karena jika anda tidak punya produk sendiri untuk dijual, anda bisa menggunakan sistem dropship.

Yaitu sistem dimana anda tidak harus mempunyai barang sendiri, anda hanya perlu memposting gambar produk, harga, dan deskripsi barang di toko online anda, kemudian saat ada order masuk, anda bisa hubungi pihak penjual aslinya, dan kemudian mentransfer uang sejumlah harga asli, dimana setelahnya pemilik barang aslinya lah yang akan mengirimkan barang kepada pembeli anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dropshipping yang diberikan oleh para seller bagi dropshipper di Bukalapak dan Tokopedia.

Baca juga: Rahasia Bisnis Online Shop Tanpa Modal untuk Pemula

Pilihlah jenis usaha yang cocok bagi anda, sehingga tidak menghalangi anda untuk tetap melaksanakan kerja utama anda. Ini bermanfaat agar ketahanan keuangan anda cukup kuat. Jangan terburu-buru keluar dari pekerjaan utama anda, jika keuangan anda kurang bisa diandalkan untuk bertahan dalam waktu sesuai yang diprediksikan. Kecuali jika anda telah memiliki modal yang cukup, maka akan lebih baik jika anda segera resign agar bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan bisnis anda. Dan akhirnya, semoga apapun jenis bisnis yang anda pilih akan menjadi jalan kesuksesan dalam anda merintis diri menjadi seorang pengusaha!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

Ada saran, kritik atau pertanyaan? Slahkan komentar